Higher Order Thinking Skills: Concept and Implementation in Learning

Authors

  • Ahmad Purwanto MTs Negeri 1 Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.69768/jt.v2i1.44

Abstract

Kurikulum pendidikan modern menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21, yang meliputi kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. HOTS menjadi bagian integral dalam proses pendidikan ini untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global. Tujuan penelitian ini mencoba untuk mengelaborasikan konsep dan implementasi HOTS dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan ialah library research. Adapun hasil penelitian menunjukan, mengembangkan HOTS memberikan kemampuan bagi individu untuk mengambil keputusan yang lebih baik, menjadi pemikir yang mandiri, dan berkontribusi secara positif terhadap masyarakat. HOTS membantu individu untuk berpikir di luar batasan konvensional dan menjadi inovator dalam berbagai bidang. Implikasinya, dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep dan komponen HOTS, serta strategi dan metode pengajaran yang tepat, pengembangan HOTS dapat diimplementasikan secara efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ahmad Purwanto. (2024). Higher Order Thinking Skills: Concept and Implementation in Learning. TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 105–115. https://doi.org/10.69768/jt.v2i1.44

Issue

Section

Pendidikan Agama Islam