This is an outdated version published on 2023-09-30. Read the most recent version.

EFEKTIVITAS METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN

Authors

  • Yanti Amalia Afifah STAI AL-MAS'UDIYAH SUKABUMI
  • Saehudin Saehudin STAI AL-MAS'UDIYAH SUKABUMI
  • Siti Asma Hafifah STAI AL-MAS'UDIYAH SUKABUMI

DOI:

https://doi.org/10.69768/jt.v1i2.12

Keywords:

Kata Kunci: Baca Tulis Al-Qur’an, IQRO, Manajemen

Abstract

ABSTRAK

Dalam proses belajar mengajar, metode jauh lebih penting dari materi. Demikian urgennya metode dalam proses pendidikan dan pengajaran. Sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil apabila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Begitu pula dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an, metode berfungsi untuk memberikan bantuan dan mengatasi kesulitan-kesulitan dalam proses menghafal dan mengingat hafalan yang pernah dihafalkan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini menjelaskan tentang efektivitas metode tikrar terhadap peningkatan hafalan di Pondok Penghafal Qur’an (PPQ) Ibnu Hajar Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode tikrar di Pondok  Penghafal Qur’an Ibnu Hajar Sukabumi dan untuk mengetahui efektivitas metode tikrar dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Penghafal Qur’an  Ibnu Hajar Sukabumi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar belakang Pondok Penghafal Qur’an Ibnu Hajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode tikrar  diterapkan dengan empat cara/teknik yakni tikrar bersama,  tikrar sendiri,  tikrar dalam sholat dan tikrar di hadapan guru. Hal ini tidak terlepas dari kegiatan tahfidz dan kegiatan tasmi'.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Menghafal Al-Qur’an, Metode Tikrar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-30

Versions

How to Cite

Yanti Amalia Afifah, Saehudin, S., & Siti Asma Hafifah. (2023). EFEKTIVITAS METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN. TADIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.69768/jt.v1i2.12

Issue

Section

Pendidikan Agama Islam